Paham Consumer & Audience Insight untuk Pengambilan Keputusan Bisnis


Kamu ingat kembali materi tentang POP (Point of Parity) dan POD (Point of Differences). POP adalah sesuatu yang dimiliki oleh kompetitor tapi kamu juga harus punya. Sedangkan POD adalah sesuatu yang hanya dimiliki oleh brand kamu. 

Audience insight sangat penting dalam membuat strategi marketing karena membantu memahami secara detail tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh audiens, sehingga dapat membangun kampanye pemasaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Brand besar selalu memulai bisnis mereka dengan insight. Secara umum, terdapat lima tahapan utama dalam membuat strategi marketing:

  1. Menentukan Masalah (Problem)
  2. Menemukan Solusi
  3. Mencari Insight
  4. Membuat Strategi Pemasaran
  5. Menentukan Passion Point dan Pain Point
Passion point adalah kegiatan atau minat yang membuat audiens merasa senang dan terhubung dengan brand kamu, sedangkan pain point adalah masalah atau kebutuhan yang membuat audiens merasa tidak puas dan membutuhkan solusi yang tepat. Contoh, passion point audiens aplikasi keuangan mungkin adalah keinginan untuk menghemat uang dan membangun investasi yang lebih baik, sedangkan pain point bisa berupa ketidaknyamanan atau kesulitan dalam mengelola keuangan mereka sendiri.

Untuk menemukan passion & pain point kamu bisa menggunakan tools dari Ideo yaitu think, say, do, feel. Apa yang konsumen pikirkan, katakan, lakukan, dan rasakan. Makanya, paham emosi audiens itu penting.

Referensi:

https://myskill.id/course/consumer-audience-insight
https://medium.com/@myskill.id/consumer-audience-insight-c25dae1c65b5


Post a Comment

0 Comments