Apa yang kamu pikirkan ketika pertama kali mendengar tentang marketing?
Marketing adalah tentang bagaimana kita menyelesaian problems yang dimiliki oleh konsumen, jika konsumen memiliki masalah, kita punya solusinya. Misalnya, sepatu adidas ingin memberikan sepatu berkualitas untuk atlet yang artinya brand tersebut menjawab masalah yang dimiliki oleh atlet diluar sana.
Untuk mencapai tujuan pemasaran yang kamu inginkan, kamu bisa menggunakan konsep "Marketing Mix". Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh E. Jerome McCarthy pada tahun 1960-an dan masih relevan hingga saat ini. Marketing Mix terdiri dari 4P, yaitu:
- Product (produk): mengacu pada produk atau layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.
- Price (harga): mengacu pada harga produk atau layanan yang ditawarkan.
- Place (tempat): mengacu pada tempat di mana produk atau layanan dijual atau didistribusikan.
- Promotion (promosi): mengacu pada aktivitas promosi untuk memasarkan produk atau layanan, seperti iklan, promosi penjualan, publisitas, dan lain-lain.
- Product: Makanan cepat saji dengan menu yang terkenal seperti Big Mac, French Fries, dll.
- Price: Harga yang terjangkau dan beragam promo setiap bulannya.
- Place: Tersedia hampir diseluruh dunia, mulai dari toko besar hingga restoran kecil.
- Promotion: Melalui iklan televisi, media sosial, dan kegiatan sponsor seperti olahraga dan film.
Dalam promotion ada paid ads, KOL, dll, sehingga digital marketing termasuk dalam marketing.
Sedangkan brand merupakan kumpulan dari keempat persepsi diatas. Sebagai seorang marketer, kamu harus merencanakan langkah marketing yang baik, caranya yaitu dengan RAISE:
- Research
- Analysis
- Insight
- Strategy
- Execution
1. Company
- PoD (Points of Difference)
- PoP (Points of Parity)
2. Customer
3. Competitor
- Direct Competitor yaitu kompetitor yang memiliki kategori dan produk yang sama dengan kamu dan memiliki potensi bisa makan bisnis kamu.
- Indirect Competitor yaitu kompetitor dengan produk dan kategori berbeda, tapi target marketnya sama dengan kita.
4. Change
- Socio Culture
- Technology
- Economic
- Environment
- Politic
- Legal
- Ethics
- Customer wants and needs: Zara memahami kebutuhan fashion dari konsumen dan selalu menghadirkan produk terbaru dan trendi.
- Cost: Zara menawarkan harga yang terjangkau dan kualitas yang baik pada produk-produknya.
- Convenience: Zara memiliki toko offline dan online yang memudahkan konsumen untuk membeli produknya, serta memberikan pilihan pembayaran yang fleksibel.
- Communication: Zara menggunakan media sosial dan email untuk berkomunikasi dengan konsumen, memberikan informasi tentang produk terbaru dan promo.
Referensi:
Dwana, Ryan. 2023. Marketing Management. Dikutip pada 23 Juni 2023 melalui https://myskill.id/course/marketing-introduction.
Myskill. 2023. Dikutip pada 23 Juni 2023 melalui https://twitter.com/myskill_id/status/1658435038890061825
https://medium.com/@myskill.id/marketing-introduction-71a6743ad4e
0 Comments